Joseph John Thomson merupakan ilmuwan yang lahir di Cheetham Hill, pinggiran kota Manchester, pada tanggal 18 Desember 1856, dimana ia diangkat sebagai profesor fisika eksperimental sjak 1884. Penelitiannya membuahkan hasil, yaitu penemuan elektron. Thomson mengetahui bahwa gas mampu menghantarkan listrik. Dari penemuannya tersebut ia mendapatkan  Nobel Fisika pada tahun1906.
jj thomson

Thomson mendaftar di Owens College, Manchester pada tahun1870, dan tahun 1876 mendaftar di trinity college, cambridge sebagai pelajar biasa. Ia menjadi anggota Trinity College pada tahun 1880, ketika dia menerima penghargaan Wrengler Dan Smith. Thomson tetap menjadi anggota Trinity College seumur hidupnya. Dia manjadi motivator dan penceramah pada tahun 1883 dan sukses menjadi profesor di tahun 1918. Thomson adalah fisika eksperimental dai laboratorium Cavendish, Cambridge, dimana dia menggantikan John Strutt, dari tahun 1884 sampai 1918 dan menjadi profesor terhormat di Cambridge dan Royal Institution, London.

Thomson pada waktu itu tertarik pada struktur atom yang direfleksikan dalam bukunya yang berjudul “Treatise On The Motion Of Vortex Ring”, yang menjadikan ia sebagi pemenang Adm Prize pada tahun 1884. Bukunya yang berjudul “Application Of Dynamic To Physics And Chemistry” terbit tahun 1886, dan pada tahun 1892 ia menerbitkan buku yang berjudul “Notes On Recent Researches In Electricity And Megnetism. Thomson membungkus hasil-hasil yang didapat berikutnya sampai pada kemunculan risalat James Clerk Maxwell yang terkenal dan sering disebut sebagai jilid ketiga Maxwell. Thomson bekerja sama dengan Profesor J.H. Poynting untuk menulis buku fisika dalam empat jilid, yaitu yang berjudul “Properties Of Matter” dan pada tahun 1895, dia menghasilkan buku yang berjudul “Element Of The Mathematical Theory Of Electricity And Magnetism, edisi kelima yang terbit pada tahun 1921.

Thomson, pada tahun 1896 mengunjungi Amerika Serikat untuk memberikan kursus dari empat ceramah, yang meringkas penelitian-penelitian barunya di universitas Princeton. Ceramahnya ini berikutnya diterbitkan dengan judul “ Discharge Of Electricity Through Gases” pada tahun 1897. Sepulangnya ia dari Amerika Serikat, dia memperoleh pekerjaan paling cemerlang dalam hidupnya, yaitu mempelajari memuncaknya sinar katode pada penemuan elektron, yang ia bicarakan selama kursus pada ceramah malam di Royal Institution.


Thomson kembali lagi ke Amerika Serikat pada tahun 1904, untuk menyampaikan enam ceramahnya tentang kelistrikan dan zat di Universitas Yale. Ceramah itu membuat beberapa pernyataan penting tentang struktur atom. Dia menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom-atom dan molekul-molekul yang berbeda dengan menggunakan sinar positif, sebuah ide yang dikembangkan oleh Francis Aston, Dempster dan lainnya, yang menuju pada banyak penemuan isotop. Untuk itu hanya disebutkan dan dia menulis buku-buku, seperti The Structure Of Light (1907), The Corpuscular Theory Of Matter (1907), Rays Of Positive Electricity (1913), The Electron In Chemistry (1923) dan Otobiografinya.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top