Ginjal merupakan organ di dalam tubuh manusia yang sangat besar perannya dan unik dalam menjalankan tugasnya. Ginjal ini mampu menyaring zat-zat yang diperlukan dan yang harus dibuang oleh tubuh. Ada 3 proses yang dilakukan oleh ginjal dan ini menjadikan organ ini sangat unik dalam menjalanakan tuganya. Yang pertama adalah penyaring zat-zat yang telah kita makan maupun minum sebelumnya untuk dijadikan energi maupun untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh anda. Yang kedua dan ketiga adalah mampu menyerap dan penyerapan kemabali zata yang dibutuhkan oleh organ tubuh kita. Namun, jika tidak dijaga dengan baik maka akan menjadi rusak dan fatal akibatnya.
cara mencegah penyakit ginjal
Penyakit ginjal ada banyak penyebabnya entah faktor dari luar maupun dari dalam. Faktor yang banyak dialami oleh manusia umumnya adalah dari dalam diri mereka yaitu salah dalam pola hidup mereka. 

Faktor dari dalam yaitu: 

1. Kurang minum, 2. Terlalu banyak minum minuman yang manis, 3. Kurang meminum air putih, dan masih banyak lainnya. Sedangkan faktor yang dari luar adalah ketika anda pernah mengalami benturan yang cukup keras dan itu memengaruhi ginjal anda sehingga terjadi kerusakan di bagian tertentu.

Adapun penyebab yang umum penyakit ginjal adalah sebagai berikut:

  • Minuman berakhohol, minuman tersebut sangat besar memberi peluang untuk anda dalam proses mempercepat kerusakan ginjal anda. Karena sifat minuman berakhohol keras dan panas, ini akan membuat filter atau jaringan yang berfungsi untuk menyaring zat-zat yang telah anda konsumsi  akan rusak dan bisa membuat anda mengalami diabetes atau yang lainnya.
  • Minuman serbuk rasa, sebaiknya anda mengurangi minuman yang berwarna atau memiliki rasa buatan, contohnya minuman rasa yang terjual di toko-toko. Minuman rasa yang terjual di toko biasanya mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet yang ada dalam minuman inilah yang memiliki peran besar dalam kerusakan gainjal anda jika anda sering meminum minuman rasa tersebut.
  • Jika anda tidak ingin mengalami penyakit ginjal, hindarilah minuman berakhohol serta hindari keseringan minum minuman yang berasa apalagi yang berbahan pengawet. Minuman yang tidak baik jika anda minum dalam waktu yang lama maka bisa saja anda terkena penyakit diabetes yang mana penyakit ini sangat baha bagi anda jika terkena penyakit ini. ada baiknya anda melakukan langkah pencegahan agar bisa terhindar dari penyakit ginjal. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan agar anda bisa terhindar dari penyakit ginjal. 

Adapun cara mencegah penyakit ginjal adalah sebagai berikut:
  • Hindari minuman yang memiliki rasa yang keras, contohnya minuman yang berakhohol atau minuman yang bersoda.
  • Perbanyaklah minum air putih, mengapa harus air putih? Karena air putih mampu melarutkan zat-zat yang telah anda kunsumsi dengan baik
  • Sering lah berolahraga, olaharaga yang rutin mampu memperbaiki atau menjaga kemampuan ginjal anda dalam melaksanakan tugasnya.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan dalam tips menjaga kesehatan ginjal anda. jagalah kesehatan anda dengan baik karena tidak semua orang bisa sehat seperti anda dan mereka ingin seperti anda yang sehat serta bisa menjalankan aktivitas anda dengan baik. Semoga bermanfaat bagi anda dan menjadikan anda lebih peduli terhadap kesehatan anda.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top