Kerontokan rambut kepala? Apakah anda pernah melihat orang yang rambutnya mengalami kerontokan rambut kepala? Atau mungkin anda pernah mengalaminya?. Ya, mungkin anda pernah mengalaminya. Kebanyakkan orang sudah pernah mengalami kerontokan rambut dalam hidupnya, bahkan ada yang setiap tahun orang tersebut mengalami kerontokan atau sering mengalaminya. Ada banyak penyebab dari kerontokan pada rambut kapala, yaitu Faktor Keturunan, Stress, Alergi, Kanker, penyakit langka dan masih banyak lainnya yang akan saya bahas dalam kesempatan kali ini.


Kerontokan rambut kepala tidak hanya terjadi pada wanita, pria pun juga bisa mengalaminya. Ada kerontokan rambut yang dimulai dari yang ringan hingga kronis. Ada baiknya sebelum kita mencoba untuk mengatasi kerontokan rambut kepala, alangkah baiknya kita mengetahui faktor yang menyebabkan rontoknya rambut kepala. Penyebab kerontokan rambut kepala dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal atau faktor dari luar yang menyebabkan kerontokan rambut kepala adalah polusi udara dan paparan sinar matahari yang kita tidak dapat cegah. Faktor internal atau dari dalam adalah faktor kedua yang menyebabkan kerontokan rambut kepala, ini dapat kita cegah, tapi belum bisa kita kendalikan kadarnya, contohnya orang yang sering mengalami stress, diet yang salah, ketombe dan faktor perubahan hormon pasca melahirkan dan lainnya.

Perlu kita ketahui secara umum siklus pada rambut kepala kita. siklus rambut normal sebenarnya terdiri dari tiga fase, di antaranya fase pertumbuhan (anagen), fase istirahat (cantagen), dan fase rontok (telogen). Jika diteliti lebih dalam, sebenarnya rambut rontok merupakan fase alami yang terjadi pada semua orang. Kita tak perlu cemas dalam hal ini karena dalam keadaan siklus normal, rambut akan kembali tumbuh kira-kira kurang lebih 1-1,5 sentimeter/bulan, itu untuk ras asia.

Tapi jika kerontokan yang kita alami melebihi batas wajar yaitu 100 helai per hari, maka kita perlu mewaspadainya. Apalagi di area kerontokan rambut tersebut tidak lagi mengalami pertumbuhan rambut lagi. Biasanya penyebab tidak tumbuhnya rambut kepala kita yang mengalami kerontokan disebabkan oleh mengerasnya kolagen pada pangkal rambut di bawah kulit kepala kita. akibatnya pengerasan kolagen akan menutup pangkal rambut, dan ini akan menyulitkan penyerapan nutrisi yang  bisa menyebabkan penyatuan antara pangkal rambut dan kulit kepala menjadi lemah, dan serat kapiler akan menjadi lebih tipis. Apabila tidak dirawat, rambut akan rontok lebih cepat, sehingga menimbulkan penipisan dan ini merupakan tanda pertama kita akan mengalami kebotakan.

Cara mengatasi kerontokan rambut ada dua cara dilihat dari kadar  tingkat keparahan kerontokan rambut yaitu:
  • Cara mengatasi rambut rontok dalam kategori ringan, cukup dengan menjaga pada pola makan agar rambut memperoleh asupan gizi yang baik. Selain itu, kita perlu merawat rambut dan menggunakan hair tonic secara rutin sehabis mencuci rambut.
  • Cara mengatasi rambut rontok yang parah. Ada beberapa tahap untuk mengatasi yaitu dengan nutritifmasque (pemberian masker nutritif), back massager (pengolesan minyak pada punggung untuk dipijat), terapi ozon (penyaluran oksigen yang telah dirubah menjadi ozon yang kemudian disalurkan ke cape rambut), hair tonic frecuency machine (serum untuk mengurangi rontok setelah berkeramas).

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top