Pernahkah anda mengalami sariawan? Tentu anda pernah mengalami penyakit tersebut dan semua orang pasti pernah mengalami kejadian tersebut dalam hidupnya, entah ketika pada waktu  anda masih kecil ataupun yang suda dewasa, mereka semua pernah mengalaminya. Banyak dari  orang mengalami sariawan tersebut cenderung membiarkan tanpa ada penanganan untuk menyembuhkan sariawan tersebut. Memang benar lama-kelamaan akan sembuh sendiri penyakit tersebut, tapi jika anda membiarkan, akan lama waktu untuk sembuhnya dan bisa jadi akan meluas tempat sariawan tersebut. Semua yang terkena sariawan tentunya ingin cepat sembuh, ada banyak cara untuk sembuh dari sariawan tersebut dan akan kami bahas kesempatan ini.
sariawan


Sariawan pada mulut atau Canker Sores atau juga Ulkus Afiosa adalah suatu luka terbuka di dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa perih saat digerakkan dan pada saat kita makan asin ataupun pedas. Sariawan yang kecil dengan diameter kurang dari satu sentimeter sering muncul dalam satu kelompok yang terdiri dari 2 sampai 3 luka sariawan dan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 10 hari tanpa meninggalkan jaringan parut. Ada pula sariawan besar yang membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sembuh dari penyakit tersebut. Bentuk dari sariawan besar yaitu tidak beraturan dan sering meniggalkan jaringan parut. Namun, jangan khawatir, sariawan jenis ini jarang terjadi pada manusia.

Gejala utama yang dirasakan saat mengalami sariawan dimulut adalah adanya rasa nyeri yang berlangsung selama 4 sampai 10 hari. Dan rasa nyeri tersebut akan bertambah parah bila lidah menyentuh luka dari sariawan tersebut.

Sariawan di mulut  bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin C atau sensitif terhadap buah dan sayuran tertentu. Ada beberapa cara untuk mengatasi kekurangan vitamin C anda, yaitu dengan mebuat jus buah dan sayuran sumber vitamin C, sperti jambu biji, cabai rawit merah, paprika kunign dan hijau, blackcurrant, stroberi, pepaya, kol mini, kiwi, brokoli dan lain sebagainya.

Agar lebih berkhasiat, kombinasikan buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C dengan bahan pangan yang menyegarkan, seperti mentimun, pir, dan daun mint atau dengan obat alami, seperti air rebusan akar alang-alang dan air rendaman biji selasih. Hindari juga, makanan yang terlalu dingin, terlalu panas dan terlalu panas. Makanan  yang seperti itu akan menyebabkan gusi atau bibir kita luka, serta mebuat panas dalam.

Adapula cara mengobati sariawan dengan obat tradisional yaitu dengan cara berikut:

  • Ambilah 1 jari rimpang temulawak

  • 1 jari buah asam

  • Gula aren

  • Dan satu gelas air

Caranya adalah sebagi berikut, cuci bersih temulawak, lalu iris tipis-tipis, rebus dengan asam dan air hingga mendidih. Setelah dingin, saring  dan tambahkan gula aren sambil diaduk. Minumlah tiap pagi dan sore, masing ½ gelas tiap sekali minum. Semoga bermanfaat informasi yang kami berikan dan dapat membantu anda dalam informasi sariawan anda.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top