Tips belajar yang baik
Sering siswa menerapkan belajar yang salah cara maupun dalam pelaksanaannya. Belajar yang salah tersebut disebabkan oleh banyak faktor dari kebiasaan siswa tersebut. Dan dari faktor belajar yang salah tersebut akan membuat belajar siswa akan kurang berguna atau tidak akan sepenuhnya berhasil. Untuk bisa berhasil dalam belajar siswa diperlukan usaha yang kuat dan itu bukan hal mudah. Usaha yang diperlukan salah satunya adalah membuat tips belajar anda dengan baik.


Tips belajar yang baik merupakan cara yang paling efektif yang bisa digunakan siswa dalam belajar. Selain peluangnya besar untuk berhasil, cara ini juga tidak membuat siswa tidak cepat stress. Semakin anda sering belajar atau rutin melakukannya makan anda akan cepat untuk bisa berhasil menguasai materi tersebut. Siapa coba yang tidak mau bisa menguasai materi dangan baik? Tentu semua ingin hala itu. Maka dari itu lakukanlah belajar anda dengan baik dan jangan melakukan sistem kebut semalam.

Adapun tips untuk bisa belajar dengan baik adalah sebagi berikut:

Bertanya kalu anda belum paham, memang benar kata pepatah yang  berkata “bertanyalah jika anda tidak ingin tersesat”. Biasanya siswa akan malu untuk bertanya atas apa materi yang mereka belum pahami. Padahal ini akan membuat hal yang fatal bagi anda jika dibiarkan begitu saja. Hal tersebut fatal akibatnya karena jika anda tidak tanyakan maka anda akan tidak tahu atau menguasai materi tersebut dan biasanya materi tersebut akan ada kaitannya dengan materi pelajaran berikutnya yang akan anda terima di sekolah.

Rajin membuat catatan inti materi pelajaran, setiap suatu materi pasti ada bagian-bagian materi yang pokok atau inti dari materi pelajaran tersebut. Kegiatan semacam itu akan membuat belajar anda menjadi mudah untuk dihafalkan. Mungkin anda ketika belajar ingin membukanya, tentu jika anda sudah hafal atau paham makan akan memudakan belajar anda.

Selalu disiplin dan usaha maksimal dalam belajar, hindari sistem kebud semalam ketika anda belajar yang mana esoknya akan menjalani ujian. Sebaiknya anda menyiapkan belajar anda jauh-jauh hari atau buat belajar sebagai makanan sehari-hari anda. tidak perlu harus berjam-jam untuk belajar anda, cukup 1-2 jam perhari. Bukan banyaknya jam anda dalam belajar yang menentukan keberhasilan belajar anda, keberhasilan anda ditentukan oleh seringnya anda belajar.

Jangan pernah menyontek saat ujian, ujian adalah salah satu tolak ukur hasil dari belajar anda yang mana itu menunjukkan keberhasilan belajar anda. Ketika anda menyontek dalam ujian maka anda akan merasa tidak perlu belajar lagi ketika ujian semester berikutnya. Dan menyontek juga membuat siswa akan menjadi malas untuk belajar dikemudian harinya secara terus menerus.

Belajar kelompok, belajar kelompok ini salah satu cara yang efektif, karena andabisa saling mendiskusikan materi yang anda belum pahami dengan teman kelompok anda. Selain tidak malu jika bertanya pada teman anda sendiri dibandingkan dengan guru di sekolah anda, belajar kelompok juga mempunyai banyak waktu, misalnya saat libur hari besar atau libur panjang.

Demikianlah informasi tips dan triks belajar dengan baik yang dapat saya sampaikan. Semua orang ingin menjadi pandai tapi mereka banyak yang salah dalam mendapatkan kepandaiannya tersebut. Pakailah cara yang baik dalam belajar, maka anda akan memperoleh kebaikan tersebut dari hasil belajar anda. semoga bermanfaat apa yang saya sampaikan dan terwujud apa yang anda sekalian cita-citakan.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top