Banyak orang ingin memiliki memori atau ingatan yang bertahan cukup lama pada diri mereka. Memori atau ingatan pada tubuh kita berpusat pada otak. Otak merupakan bagian dimana tubuh kita yang sangat penting keberdaannya. Otak mampu mengatur segala aktivitas pada segala organ yang ada pada tubuh. Bayangkan kita diciptakan dengan tanpa otak, tentu akan sangat mengerikan. Tanpa otak manusia akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Selain untuk mengatur segala organ pada tubuh, otak juga berfungsi sebagai titik keseimbangan pada saat berjalan maupun saat duduk.

memory otak


Pernahkah anda berpikir? jika pada saat anda sedang berpikir atau belajar otak anda akan berfungsi baik itu otak kanan ataupun otak kiri. Dan pernahkah anda merasa pusing ketika berpikir berat atau ketika menghafal sesuatu tapi tidak hafal-hafal atau mungkin sulit untuk menghafalnya. Anda bisa jadi bertanya-tanya, apa yang terjadi pada saya?. Ada beberapa penyebab dari semua hal tersebut, yaitu dikarenakan otak anda sudah lelah atau mungkin ootak anda terlalu banyak istirahat sehingga merasa jenuh dengan apa yang diberikan oleh anda untuk berpikir berat. Maka dari itu ketika otak anda lelah sebaiknya anda mengistirahatkan sejenak untuk merefres otak anda agar kembali segar kembali. Dan jangan terlalu lama mengistirahatkan otak anda terlalu lama, contohnya 1 bulan tidak pernah membaca, itu malah akan menjadikan otak anda sulit menerima materi yang akan anda terima.

Otak ini memiliki bagian unik, bagian tersebut adalah semakin otak anda diasah maka otak anda akan semakin tajam dan cepat menerima segala ilmu yang anda sedang pelajari. Dan akan berbanding terbalik jika tidak digunakan dengan baik dan teratur. Adapun cara atau tips agar otak kita mampu menyimpan memori yang tahan lama adalah sebagai berikut:


  • Buatlah asosiasi mental tentang konsep dengan objek lain, salah satunya adalah pemetaan pikiran atau belajar.

  • Berjalan kaki selama 20 menit menjelang mulainya pelajaran sekoalah atau kuliah bisa meningkatkan memori dan kekuatan otak.

  • Buatlah konsep dalam bentuk diagram untuk membantu visualisasi konsep belajar anda yang rumit.

  • Membuat flashcard berisi catatan singkat tentang konsep, definisi, kutipan dan rumus-rumus materi belajar.

  • Istirahat ketika sudah mulai penat belajar diwaktu yang cukup lama.

  • Carilah cara baru dalam belajar, cara ini sangat efektif untuk menjaga otak tetap segar.

Demikianlah informasi tentang bagaimana menguatkan memori ingatan otak anda. Sebenarnya masih banyak cara-cara lain yang bisa anda gunakan untuk menguatkan memori otak anda. Semoga bisa bermanfaat atas apa yang kami sampaikan di atas dan anda dapat menggapai apa yang anda inginkan.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top