Pernahkah anda mendengar penyakit mata katarak? Ya, penyakit mata ini umumnya tejadi pada usia lanjut, selain itu juga dapat terjadi karena ffakktor genetika. Kebanyakan penderita mata katarak paling banyak ditemui pada saat seseorang yang memasuki usia lanjut, lebih dari 90% mereka yang berusia 65 tahun keatas menderita katarak dan sekitar 55% mereka yang berusia 75-85 tahun keatas mengalami penurunan kemampuan penglihatan akibat dari gejala katarak. Katarak dapat diobati dan diminimalisir, namun saat ini katarak masih menjadi faktor utama penyebab kebutaan di dunia.
penyebab mata katarak dan cara mengatasinya

Banyak diantara penderita penyakit katarak todak menyadri bahwa dirinya mengalami gejala atau bahkan mengidap penyakit tersebut.gejala pada katarak berjalan begitu perlahan namun pasti akan membuat penglihatan sesorang menjadi kabur atau bahkan hilang. Seseorang beru akan mengetahui dan menyadarinya, apabila katarak tersebut telah memasuki stadium akhir setelah 3-5 tahun kemudian.

Pada mulanya penderita katarak mengalami beberapa gangguan kecil seprti penyakit mata lainnya sperti gatal-gatal pada mata, mata sering berair, jika paa malam hari mata mulai melemah dan tak mampu melihat dan tidak dapat menahan silau cahaya atau kontak langsung dengan cahaya, mata dan kepala akan langsung terasa sakit. Lamban laun mata akan menunjukkan noda putih pada bagian lensa mata meski tidak seluruhnya menutupi lensa mata ketika katarak dinyatakan memasuki stadium akhir, dan penderita akan kehilangan  kemampuan dalam penglihatan. Adapun gejala umum atau tanda-tanda gangguan dari mata katarak adalah:
  1. Pandangan mata atau penglihatan terlihat samar atau kurang jelas sehingga tidak mampu melihat atau membaca objek.
  2. Sensitif terhadap pancaran cahaya atau sinar.
  3. Jika melihat objek benda atau cahaya hanya dengan satu mata saja, objek atau cahaya terlihat seperti ganda/ double.
  4. Dibutuhkan pencahayaan yang cukup terang untuk dapat membaca dan melihat.
  5. Lensa mata dirasakan seperti buram atau seprti kaca susu.

Katarak tidak hanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut saja, katarak juga dapat mengidapa pada bayi karena sang ibu terinfeksi virus saat masih mengandung. Adapun faktor lain penyabab katarak yaitu;
  1. Faktor keturunan.
  2. Cacat bawaan sejak lahir.
  3. Masalah kesehatan, misalnya teridentifikasi penyakit diabetes.
  4. Penggunaan obet tertentu, khususnya steroid.
  5. Mata tanpa pelindung terkena sinar matahri dalam waktu yang cukup lama.
  6. Pernah melakukan operasi mata sebelumnya.
  7. Pernah mengalami trauma akibat kecelakaan yang mengenai bagian sekitar mata
Secara medis untuk mengobati katarak adalah dengan operasi dengan cara lapisan mata diangkat dan diganti dengan lensa mata yang baru (buatan atau lensa intraokuler). Namun operasi tersebut tidak menjamin 100% sembuh. Adapula operasi dengan menggunakan sinar laser. Semua cara pengobatan atau langkah dengan operasi semua bergantung pada kemampuan ekonomi pasien itu sendiri, karena operasi mata katarak ini membutuhkan dana yang cukup banyak dan mahal.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top