Albert Einstein yang lahir di Ulm, kerajaan Wuttemberg, kerajaan Jerman, 14 Maret 1879 dan meninggal Princetown, New Jersey, Amerika Serikat, 18 april 1955 adalah seorang ilmuan fisika teoritis yang dipandang luas sebagi ilmuan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teroi relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan Mekanika Kuantum, Statistika, Kosmologi. Dia dianugrahi penghargaan nobel dalam fisika pada tahun 1921 tentang penjelasannya di Efek Fotolistrik dan pengabdiannya bagi fisika Teoritis.
albert einsten
Setelah teori Relativitas umum dirumuskan, Einstein manjadi terkenal ke seluruh dunia, pencapain yang tidak biasa bagi seorang ilmuan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui ketenaran semua ilmuan dalam sejarah, dan dalam budaya popular, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal  di seluruh dunia.

Pada tahun 1999, Einstein dinamakan “ Tokoh Abad Ini” oleh majalah Time. Untuk menghargainya, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai Einstein, sebuah unsur kimia jua dinamai Ensteinium dan yang terakhir adalah sebuah Asteroid di namai 2001 Einstein. Ada pula rumus Einstein yang paling terkenal adalah E=mc².

Einstein mempunyai ayah berbama Hermann Einstein, seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaannya di bidang Elektrokimia dan ibunya bernama Pauline. Mereka mmenikah di Stutgart-Bad Cannstatt. Pada umur lima tahun, ayahnya menunjukkan kompas kantung, dan Einstein manyadari bahwa sesuatu di ruang yang “Kosong” ini bereaksi terhadap jarum di kompas tersebut. Dia kemudian menjelaskan pengalamannya ini sebagai salah satu saat yang paling menggugah dalam hidupnya. Meskipun dia membuat model dan alat mekanik sebagai hobi, dia dianggap sebagi pelajar yang lambat, kemungkinan disebabkan oleh dyslexia, sifat pemalu, atau karena struktur yang jarang dan tidak biasa pada otaknya. Dia kemudian diberikan penghargaan untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini, dan berkata dengan berpikir dalam tentang ruang dan waktu dari anak-anak lainnya, dia mampu mengembangkan kepandaian yang lebih berkembang. Pendapat lainnya, penyebab perkembangan yang terbelakang ini adalah akibat menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan Autisme.

Einstein mulai belajar matematika pada umur 12 tahun. Ada isu bahwa dia gagal dalam matematika di jenjang pendidikannya, tetapi itu tidak benar, penggantian dalam penilaian membuat bingung pada tahun berikutnya. Dua pamannya membantu ketertarikannya terhadap dunia intelek pada masa akhir kanak-kanaknya dan awal remaja dengan memberikan usulan buku tantang sains dan matematika. Pada tahun 1894, dikarenakan kegagalan  bisnis Elektrokimia ayahnya, Einstein pindah dari Munchen ke Pavia, Italia. Namun Einstein tetap tinggal di Jerman untuk menyelesaikan sekolah yang kemudian setelah saru semester dia bergabung kembali dengan keluarganya di Pavia.

Kegagalannya dalam Seni Liberal di tes masuk sebuah Institut Teknologi Swiss Federal “Eidgenossische Technische Hochscule”, di Zurich. Pada tahun berikutnya sebuah langkah mundur dia yang akhirnya dia dikirim oleh keluarganya ke Arau, Swiss untuk menyelesaikan sekolah menengah, di mana dia menerima Diploma pada tahun 1896, Einstein beberapa kali mendaftarkan diri di Eidgenossische Technische Hochscule. Dan pada akhirnya dia melepas kewarganegaraannya dan menjadi tak berkewarganegaraan.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top