Pernahkah anda mimisan? Jika yang pernah pasti sudah tahu caranya bagaimana mengatasinya, tapi bagi yang belum jangan khawatir akan hal itu. Ada banyak cara untuk mengatasi mimisan pada hidung anda. Kami di sini akan memberi tips apa yang harus dilakukan ketika anda mimisan. Perlu anda ketahui sebelum mengambil tindakan pengobatan pada hidung anda yang mimisan sebaiknya perhatikan kebersihan alat atau bahan yang anda gunakan. Sebelum kami menjabarkan secara jauh tentang mimisan, kami akan menerangkan kepada apa itu mimisan.
mimisan

Mimisan atau Epistaksin adalah pendarahan yang keluar dari lubang hidung, pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan sering terjadi pada balita, anak-anak, dan orang dewasa. Banyak penyebab mimisan tersebut bisa terjadi, salah satunya faktor perubahan cuaca.

Ada beberapa yang bisa menyebabkan anda mimisan, adapun penyebab mimisan adalah sebagai berikut:
  • Cuaca panas
Pada saat cuaca di sekitar lingkungan anda panas, maka kelembapan udara akan berkurang yang bisa menyebabkan bagian setrum mengerig. Dan pada saat itulah bisa terjadi iritasi dan pendarahan pada hidung anda.
  • Tumor
Mimisan juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami atau menderita tumor di rongga hidung atau yang biasa disebut Angiofibroma. Tomur ini biasanya ditemukan pada anak usia yang masih muda atau remaja dan kejadian ini terlihat sebagai benjolan yang berukuran kurang lebih 5 cm dan berwarna keputih-putihan di hidungnya.
  • Saat terjangkit Demam Berdarah
Dalam keadaan infeksi sistemik seperti demam berdarah, orang tersebut dapat mengalami mimisan yang biasanya ini adalah pertanda bahaya dalam kasus penyakit demam berdarah. Jika ada orang di sekitar anda ada yang mengalami hal tersebut sebaiknya bawalah ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat untuk ditangani lebih lanjut.

Bahaya atau tidaknya mimisan sangat tergantung dari penyebabnya. Meski mimisan bagi kebanyakan orang tidak berbahaya anda juga haru mewaspadainya. Jika mimisan tersebut dialami secara terus-menerus maka ini bukan hal baik. Alangkah baiknya anda periksakan kedokter atau sekedar konsultasi, maka anda akan diberitahu apakah mimisan tersebut bahay bagi anda atau tidak.

Ada banyak cara mengatasi mimisan, yaitu sebagai berikut:
  • Bagi penderita mimisan dudukla, ini bertujuan agar posisi hidung lebih tinggi dari jantung dan jangan tidur terlentang, ini akan menyebabkan aliran darah ke hidung akan semakin banyak dan dapat masuk kehidung bagian dalam.
  • Bernafaslah menggunakan mulut ketika anda sedag mimisan dengan sedikit membungkukkan badan anda kedepan.
  • Jika masih tetap berdarah, bawalah anak anda ke tempat pelayan kesehatan terdekat.
  • Jangan lupa! Akan lebih baik jika anda melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu.
Demikian informasi atau tips untuk mengatasi mimisan pada hidung anda. kami hanya mengingatkan kepada anda untuk tidak gegabah ketika terjadi mimisan kapada anda dan untuk menghindari mimisan, berpola hidup sehatlah anda mulai saat ini. semoga ini bermanfaat bagi kita semua atas apa yang kami sampaikan.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top