Pernahkan anda terkena penyakit Tipes? Ya, mungkin anda yang sudah pernah mengalaminya sudah tahu rasanya terserang penyakit ini. Dan bagi yang belum pernah mengalaminya semoga tidak akan pernah mengalami penyakit ini, tapi ada baiknya anda menyimak artikel di bawah ini agar anda bisa menanganinya jika orang terdekat anda terkena penyakit ini, entah itu orang tua, kaka, adik, tetangga maupun yang lainnya.

Penyakit Tipes atau dalam bahasa ilmiahnya Thypus adalah sebuah innfeksi bakteri pada usus halus dan aliran darah. Tipes disebabkan oleh jenis kuman Salmonella Paratyphi A, C dan B atau Salmonella Typhi.Kuman yang terdapat pada tipes ini dapat menyebabkan Gastroenteritis (keracunan makanan) dan Septikema (meyerang usus).

Kuman Salmonella ParatyphiA, C dan B atau Salmonella Typhimasuk melalui saluran pencernaan. Sesudah kuman ini berkembang biak, kuman ini akan menembus dinding usus untuk menuju saluran limfa. Setelah masuk pada saluran limfa akan masuk ke dalam pembuluh darah dalam kisaran waktu 24 jam sampai 27 jam. Setelah itu terjadi perkembangbiakan si system retikuloendothelial dan menyebar lagi ke pembuluh darah yang akan menimbulkan berbagai macam gejala.

Tipes ini lebih dikenal di masyarakat dibandingkan dengan nama yang dipakai oleh dunia kedokteran yaitu Thypus Abdominalis atau Typhoid Fever. Diagnosa orang yang terken penyakit ini yaitu:
  • Sel darah putih dalam darah menurun. 
  • Trombosit menurun. 
  • Terjadi pendarahan pada usus yng mengakibatkan anemia ringan. 
  • Dalam urin dn kotoran terdapat bakeri  salmonella typhosa 
  • Ketika diperiksa fisiknya, akan ditemukan denyut nadi relatife melemah (bradikardi), tegangnya otot, perut kembung dan pembesaran limfa.


Yang perlu diperhatikan lagi, bakteri tipes dapat menempati kandung empedu, maka dari itu periksakanlah pada dokter ahli, apakah kandung empedu megalami peradangan atau tidak.

Tipes dapat dicegah dengan cara berikut ini yaitu:
  • Makanlah makanan yang terjamin kebersihannya, agar makana dan minuman tidak tercemar kuman Salmonella Typhosa. 
  • Hindari makan telur setengah matang, dan cucilah telur yang akan direbus, karen dikhawatirkan kotoran tinja ayam maish terdapat pada kulit telur. 
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi dan nutrisinya terpenuhi. 
  • Jaga jam tidur anda, agar kebutuhan tidur juga terpenuhhi, dan olah ragalah yang teratur. 
  • Jagalah kebersihan, cucilah tangan sebelum makan.

Baiklah, setelah mengetahui diagnosa penyakit tipes beserta gejalanya anda sekarang bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan anda di masyarakat atau di lingkungan. Semoga bermanfaat apa yang saya telah sampaikan di artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

demi keamanan pada situs atau blog kami, jangan membuat spam, virus, link aktif, dan lainnya yang sifatnya mengganggu situs atau blog kami. terima kasih.

 
English Banyuwangi © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top